Senin, 26 Maret 2012

konsepsi ilmu budaya dasar dalam kesusastraan

KONSEPSI ILMU BUDAYA DASAR DALAM KESUSASTRAAN
   
Menurut gue dulu itu kesustraan ialah suatu karangan yang indah, akan tetapi sekarang kayaknya pengertian itu udah banyak berubah sebab dengan berkembangnya zaman, bukan hanya menjangkau pengertian jasmaninya akan tetapi pengertian rohaninya juga ikut berubah.contoh misalnya yang gue tau “bukankah orang miskin itu masih bisa menemukan hal-hal yang indah tanpa harus adanya materi yang berlimpah.”

Oh iya bagi gue sekarang Sebuah cipta sastra yang indah, bukanlah karena bahasanya yang beralun-alun dan penuh irama. Akan tetapi dia juga harus bisa dilihat secara keseluruhan : baik oleh temanya, keluarganya dan saudaranya. Menurut gue Sebuah ciptasastra ada dari kenyataan-kenyataan yang hidup di dalam masyarakat (realitas-objektif). Dan penafsiran-penafsiran tentang alam dari kehidupan itu sendiri (interpretation of life).

Pesan gue Sebuah cipta sastra yang baik itu mengajak orang untuk merenungkan masalah-masalah hidup, Mengajak orang untuk berkontemplasi, menyadarkan dan membebaskan orang tersebut dari segala belenggu-belenggu pikiran yang jahat dan juga menurut gue Sebuah tujuan cipta sastra ialah mengajak orang untuk mengasihi manusia lain. Bahwa nasib setiap manusia meskipun berbeda-beda namun mempunyai persamaan-persamaan umum, bahwa mereka ditakdirkan untuk hidup, sedang hidup bukanlah sesuatu yang gampang tapi penuh perjuangan dan ancaman-ancaman. Ancaman-ancaman yang datang dari luar maupun yang datang dari dalam (diri sendiri). ~TAKE CARE OF YOUR SELF~

Gak lupa juga gue sampein bahwa kemanusiaan itu adalah satu, “ Mankind is one”, dan sama di mana-mana. Inilah yang diungkapkan dan ingin dikatakan kesusastraan. Sekarang Alangkah begitu besar dan luasnya, bukan pengertian kesustraan.... sekian dulu yaa sekian dan terima kasih :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar