Kamis, 07 Juni 2012

Manusia dan keindahan


Manusia dan keindahan 

 Yang kita ketahui ialah bahwa keindahan itu  adalah suatu yang berhubungan dengan indah artinya bisa cantik, damai, tentram, bagus, dan sebagainya.
Suatu yang berhubungan dengan keindahan itu bisa di lihat maupun di rasakan.
sebagai contoh keindahan yang dapat di lihat keindahannya yaitu lewat suatu benda seperti  suatu lukisan, foto, dan sebagainya.
sebagai contoh keindahan yang dapat di rasakan keindahannya yaitu Apabila kita tinggal di tempat tinggal yang damai dan tentram itu merupakan suatu nilai keindahan, yang dapat di rasakan kita sendiri, dan di lihat indah oleh orang lain. Contohnya : kegiatan gotong royong dimana setiap orang saling  bantu membantu guna untuk   membina kebersamaan. 
Menurut pengertian saya suatu keindahan itu banyak sekali pengertiannya, contoh pengertian yang saya ketahui itu bisa berupa : keindahan yang berasal dari alam, keindahan yang berasal dari moral, keindahan yang berasal dari seni, keindahan yang berasal dari intelektual, 

1.  keindahan yang berasal dari alam
                Dalam pengertiannya suatu keindahan yang sengaja di ciptakan oleh tuhan untuk di nikmati dan di jaga/dilestarikan keindahannya oleh mahluknya. Contohnya :  seperti  Bukit, Bunga, Pegunungan, Lereng, juga pantai. Semua itu harus di jaga dan di lestarikan keindahannya dan manfaatnya ialah untuk kita bersama.

2.  keindahan  yang berasal dari moral
                Dalam pengertiannya suatu keindahan ini di ciptakan oleh diri kita sendiri dan hanya dirasakan oleh orang sekitar kita tingkah laku yang baik di tunjukan ke orang lain, itu bisa di nilai sebagai suatu keindahan moral. Contohnya : seperti tidak mabuk-mabukan, tidak memakai narkoba, dan tidak melakukan hal-hal yang buruk untuk orang lain dan keluarga.

3.  keindahan yang berasal dari seni
                  Dalam pengertiannya suatu keindahan ini dapat dilihat suatu nilai keindahannya dari suatu ciptaan tangan manusia.  Contohnya  : Lukisan, Foto, Tato, dan Patung seni lainnya.

4.  Keindahan yang berasal dari intelektual
                 Dalam pengertiannya suatu keindahan ini dapat di rasakan dan dapat di nilai keindahanannya dari  segi kesopanan dalam berbicara dengan orang lain dan ketenangan dalam menyelesaikan masalah dengan baik dan benar.

 Jadi, menurut kesimpulan saya Manusia dan keindahan itu tercipta dari tingkah laku manusia itu sendiri. Hal ini berhubungan dengan adanya manusia dan cinta kasih, bila manusia menerapkan cinta kasihnya di dunia ini maka disanalah tercipta keindahan. keindahan bukan hanya dilihat dari alam yang diciptakan Tuhan dengan sebaik-baiknya, tapi keindahan juga dapat terpancar dari dalam diri manusia itu sendiri, jadi haruslah sebagai manusia kita menjaga keindahan baik itu keindahan dari ciptaan tuhan maupun keindahan dari diri kita sendiri.
WASALAM...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar